Pages

May 10, 2018

[REVIEW] Beauty Sponge Vol.II by Lolabeau.


Hai.

Jadi, hari ini gue mau kasih ulasan (telat) tentang salah satu beauty sponge lokal, yaitu Beauty Sponge Lolabeau. Sebenarnya, gue udah beli sponge ini sejak beberapa minggu yang lalu. Tapi, gue nggak berani langsung kasih ulasan dulu, karena mau melihat apakah sponge ini masih bagus setelah dipakai berkali-kali atau tidak. And now, I'm ready to do a review about it.

Lolabeau ini sendiri merupakan merk lokal yang menjual alat-alat makeup seperti brush, sponge, serta aksesorisnya. Selain alat-alat makeup, Lolabeau juga menjual bulu mata palsu. Tapi, hari ini gue hanya akan membahas tentang Beauty Sponge-nya saja. (cr:alsdelente.blogspot.com)

Gue sendiri sebenarnya jarang pakai beauty sponge. Sebelumnya, gue memakai foundation menggunakan jari selama beberapa tahun. Hingga suatu hari gue mulai menyadari 'kok makeup gue gak nyatu sama kulit dan jadi cakey ya?' (salah sendiri sih HAHAHAHAHA). Akhirnya, gue coba membeli beauty sponge merk Korea dari teman gue. Itu adalah beauty sponge pertama gue. Gue nggak bisa bilang itu bagus atau nggak karena sebelumnya belum pernah pakai beauty sponge apapun. Awal-awal pakai beauty sponge Korea ini oke, tapi belakangan jadi susah banget dicuci. Kayaknya salah gue juga karena akhir-akhirnya gue jadi malas cuci, cucinya jadi cuma 1x seminggu saja. Terus nodanya jadi nggak hilang-hilang gitu.
Setelah itu, gue merasa agak kecewa dengan beauty sponge, padahal emang salah gue aja yang males cuci, Akhirnya, gue pun meninggalkan beauty sponge Korea itu dan mulai coba memakai brush, karena gue pikir brush nggak seribet beauty sponge. Awalnya bagus juga pakai brush, tapi akhir-akhirnya gue baru sadar, saat muka gue lagi kering-keringnya, pemakaian brush foundation itu sangat memperjelas dry patches gua. Uhh... So, it's a big no.
Akhirnya, gue dikasih tahu oleh pengajar makeup gue tentang si Lolabeau ini.

Gue pun mencoba untuk beli Beauty Sponge Lolabeau melalui toko resmi Lolabeau di Tokopedia, yaitu Beauty Sponge Vol.II. Gak ngerti kenapa dinamakan Beauty Sponge Vol.II. Tapi, mungkin karena sebelumnya Lolabeau pernah mengeluarkan seri beauty sponge yang berwarna hitam pada tahun 2017 lalu. Saat gue mencari review di Google pun, review tentang Beauty Sponge Vol.II ini pun masih cukup jarang ditemukan. karena sebagian besar nge-review Beauty Sponge Lolabeau dari seri sebelumnya (warna hitam). Jadi, gue memutuskan untuk langsung beli aja yang Vol.II-nya. YOLO man. (cr:alsdelente.blogspot.com)
Beauty Sponge Lolabeau 2017 seri awal (warna hitam dan berbentuk curvy). (cr: Tokopedia Lolabeau)

Nah, akhirnya gue beli di Tokopedia dengan harga Rp 85,000. Namun, produk yang sampai awalnya agak rusak, sehingga gue harus menukarkannya lagi.
Beauty Sponge Vol.II ketika pertama datang. Ada sedikit defect dan akhirnya ditukar kembali. (cr: dok.pribadi)

Beruntungnya, penjualnya ini sangat ramah dan responsif, sehingga akhirnya dilakukan retur. Beberapa hari kemudian, barang penggantinya pun datang.
Beauty Sponge Vol.II dengan kotaknya. (cr: dok.pribadi)

Awal paketnya datang itu dikemas cakep banget dah, yaitu di dalam paperbag Lolabeau berwarna putih dan rapi banget (udah gue buang lagi hahaha), tapi justru menurut gue itu yang menjadikan kemasannya sangat elegan. Di dalam paperbag itu, beauty sponge dikemas dalam kotak mika kecil.
Beauty Sponge Vol.II ini terlihat berbeda dari seri awalnya. Produk ini berwarna pink dengan bagian bawah sponge yang pipih, mengingatkan gue sama bentuk Beauty Sponge Real Techniques.

 Beauty Sponge Vol.II dalam keadaan biasa. (cr: dok.pribadi)

So bouncy... (cr: dok.pribadi)

Tekstur sponge Lolabeau ini cukup empuk, bahkan lebih empuk daripada sponge pertama gue. Bahkan setelah sponge dipakai saat basah dan ditepuk-tepuk ke wajah pun rasanya masih empuk dan tidak keras. Soft gila sih. Yang gue suka adalah sponge ini walaupun empuk banget, tapi konsistensinya dense dan nggak mudah sobek sejauh ini. Sejauh ini yee, karena gue pakainya rada lasak emang wkwkwkwk. (cr:alsdelente.blogspot.com)

Cara pakainya seperti pakai beauty sponge biasa. Direndam air terus diperas gitu.

Perbandingan bentuk sponge dengan kotaknya sebelum direndam air. (cr: dok.pribadi)

Perbandingan bentuk sponge dengan kotaknya setelah direndam air (dalam keadaan basah). (cr: dok.pribadi)

Awal pakai gue masih bodoh banget wkwkwkwk. Gue pakainya dengan menempelkan foundation langsung di muka pakai jari, lalu di blend langsung pakai beauty sponge ini. Alhasil, produk jadi banyak terserap ke beauty sponge. Belakangan, gue baru menyadari ada trik yang setidaknya mengurangi produk terserap sponge, karena foundation/CC Cream gue rata-rata teksturnya liquid, kan. Pertama, ambil foundation pakai brush lalu ditotol ke muka, pokoknya totol asal aja dan harus disebar ke seluruh muka dulu. Kedua, baru diratakan dengan beauty sponge. Hasilnya, ternyata nggak begitu banyak produk yang terserap oleh beauty sponge.

Selain untuk foundation/CC Cream, gue juga menggunakan sponge ini untuk meratakan concealer di bawah mata dan di sisi hidung. Walaupun sebenarnya menurut gue bentuk sponge ini memang terlalu besar untuk menjangkau wilayah-wilayah tersebut.

Gue biasanya blend foundation/CC Cream menggunakan bagian bawah sponge yang rata. Gak tahu deh, kayaknya tiap orang bisa beda-beda. Tapi, gue pribadi lebih suka pakai bagian yang rata ini sih. Selain untuk foundation/CC Cream, bagian rata ini juga gue pakai untuk ambil bedak. FYI, kulit gue sangat kering dan sensitif. Beberapa bedak yang gue pakai memiliki bahan-bahan yang tidak cocok di kulit gue kalau dipakai kebanyakan. Gue pernah gegayaan pakai bedak memakai brush ala-ala beauty vlogger. Alhasil, makeup gue jadi cakey dan dry patches semakin terlihat jelas hahahahaha. Ditambah lagi, karena bedak gua ini ternyata mengandung bahan alergen, jadinya muka gue bentol-bentol kalau dipakai terlalu tebal dalam waktu lama. Jadi, sambil menunggu beli bedak baru yang berbahan non-alergen datang (dan gak tau dah datengnya kapan HAHAHAHAHA), akhirnya gue pakai beauty sponge ini juga untuk mengaplikasikan bedak, cuma supaya concealer bawah mata nggak creasing saja. Setidaknya, beauty sponge ini membantu gue untuk mengontrol jumlah bedak yang gue pakai agar tidak terlalu banyak ketika diaplikasikan.

Trial pertama menggunakan Beauty Sponge Vol.II Lolabeau untuk aplikasi foundation. Kondisi hasil makeup menggunakan sponge di depan paparan sinar matahari. Aplikasi foundation tanpa menggunakan setting spray sudah cukup membuat efek dewy di wajah. (cr: dok.pribadi)

Gue pribadi sangat suka dengan hasil dari beauty sponge Lolabeau ini karena tidak membuat muka gue terlihat kering. Efek foundation/CC Cream yang dihasilkan juga jadi natural dan dewy. Secara keseluruhan gue sangat puas dengan produk ini dan belum merasa harus beli beauty sponge yang lebih mahal lagi. Hehe.

Belajar dari pengalaman beauty sponge pertama, akhirnya gue mencoba untuk lebih 'manusiawi' dalam merawat beauty sponge Lolabeau ini. Jadi, setiap setelah pakai, sponge ini akan selalu dicuci. Mencucinya pun sederhana, cuma pakai baby shampoo saja yang bisa dibeli di warung atau di supermarket terdekat. Awalnya, gue sempat mencuci pakai sabun batangan. Tapi, sabun batangan bisa meleleh dan jadi blenyek gitu teksturnya kan. So, untuk sekarang gue merasa baby shampoo adalah cara tersederhana untuk membersihkan beauty sponge ini. (cr:alsdelente.blogspot.com)

Terlalu lasak nyuci lol, jadi ada bagian yang tertusuk kuku (ditunjuk panah). Tapi, nggak terlalu berbeda jauh dari bentuk aslinya karena memang tekstur sponge ini super bouncy. (cr: dok.pribadi)

Beauty sponge Lolabeau ini cukup sulit dibersihkan sejujurnya. Nodanya tidak cepat hilang dan butuh kesabaran ekstra untuk membersihkan ini. Namun, konsistensi tekstur beauty sponge Lolabeau ini juga cukup baik. Dalam arti, dia tidak mudah berubah bentuk walaupun diremas beberapa kali saat dibersihkan. Walaupun memang ada beberapa bagian yang kena kuku dan ketusuk. Sampai sejauh ini, dia selalu kembali ke bentuk awal setiap selesai diperas (tidak meleot). Sejauh ini doang ya...baru 2 mingguan jugak wkwkwkwk. Habis dicuci, seperti biasa gue hanya meletakkan sponge ini di tempat yang terkena angin AC dan ditunggu semalaman. Keesokan harinya pun sudah kering.
 (cr:alsdelente.blogspot.com)

UPDATE 6 Sept 2018:

Gue masih menggunakan sponge Lolabeau ini. Tapi, akhirnya gue menyempatkan untuk beli sponge Masami Shouko yang bentuk teardrop warna hitam.
Beauty sponge Masami Shouko. (cr: Website Kay Collection)

Harganya Rp 92,900 di website Kay Collection. Tapi, di Tokopedia sponge ini sering banget diskon sampai harganya kurang lebih Rp 89,000 gitu. Sponge ini bisa dibeli di website/Tokopedia/Shopee Kay Collection maupun di toko fisik yang ada di beberapa pusat perbelanjaan. Dari tekstur, sponge Masami ini berbeda dengan sponge Lolabeau. Sponge Lolabeau lebih padat daripada sponge Masami, sehingga sponge Lolabeau lebih sulit dibersihkan. Namun, sponge Lolabeau lebih tidak menyerap produk karena pori-porinya lebih padat. Untuk kalian yang sibuk dan memiliki mobilitas tinggi (sering travelling), serta menggunakan produk yang mayoritas cream (tidak cair) gue lebih menyarankan kalian untuk beli sponge Masami karena lebih mudah dibersihkan dan lebih cepat keringnya (sekitar 8-12 jam).
Untuk performa, gue nggak melihat ada perbedaan jauh antara sponge Masami dengan sponge Lolabeau. Hanya saja bentuk sponge Lolabeau lebih efisien karena bagian rata di bawahnya bisa dipakai untuk set bedak. Sejauh ini udah kurang 4 bulan gue menggunakan sponge Lolabeau dan sponge ini belum jamuran. Bentuknya juga masih utuh dan tidak ada boncel-boncel (padahal gue cukup brutal kalau pakai sponge). Semuanya masih sama seperti saat pertama beli. Yah cuma yang sekarang lebih dekil aja gara-gara gue sering taro di atas meja hahahahahaha. But overall, gue merekomendasikan kalian untuk coba sponge Lolabeau ini.
 (cr:alsdelente.blogspot.com)



UPDATE 27 Des 2018:

Gue udah coba beauty sponge lain, tapi tetap nggak bisa berpaling dari sponge Lolabeau ini hahahaha. Gue udah repurchase sponge-nya lagi. Dan sampai gue repurchase pun, sponge yang pertama belum rusak juga. Yang paling gue suka dari sponge Lolabeau ini adalah, no matter produk foundation-nya encer atau kental banget, sponge ini tetap nggak nyerap banyak produk. Foundation-nya biasanya tetap ada di lapisan permukaan sponge dan nggak benar-benar terserap ke dalam. Gue pernah menggunakan sponge ini untuk foundation encer (NYX Total Control Drop) dan foundation kental seperti mousse (Loreal Infallible Total Cover). Sponge ini dapat bekerja dengan baik pada kedua tekstur foundation tersebut, dan nggak nyerap banyak produk. Overall, I'm satisfied with this sponge! Dan ini bikin gue makin penasaran untuk coba produk-produk Lolabeau lainnya hahahaha.(cr:alsdelente.blogspot.com)

(+) PROS:
* Bentuk sponge yang efisien, sama seperti sponge-nya Real Techniques, dengan bagian pipih di bawah sponge.
* Konsistensi tekstur sponge yang tidak mudah berubah.
* Tidak begitu menyerap banyak produk apabila pengaplikasian benar.
* Efek makeup yang dihasilkan natural & dewy.
* Merk lokal dan harganya terjangkau! Cocok untuk yang baru belajar makeup.
(cr:alsdelente.blogspot.com)
(-) CONS:
* Bentuk ujung sponge (tip) masih terlalu gendut untuk menjangkau area bawah mata & sisi hidung.
* Noda foundation pada sponge agak sulit dibersihkan. Harus dicuci beberapa kali.


RATE:
Quality: ★★★★☆
Packaging: ★★★★☆
Price: ★★★★
FINAL VERDICT: Nosponges perfect!

1 comment: