Pages

Jul 18, 2020

[REVIEW] REVIEW JUJUR SOMETHINC C-RIOUSLY 24K GOLD ESSENCE


Hai.

Gimana kabar kalian? Gak terasa yah udah beberapa bulan di rumah aja. Semoga pandemi ini cepat berakhir, ya. Stay safe untuk kalian semua! Hari ini gue akhirnya baru sempet menulis review lagi. Karena jujur aja sejak masa pandemi, gue jadi jarang nyobain produk-produk baru. Semua yang gue beli adalah barang-barang yang gue pakai dari dulu. Hahaha. Yah namanya juga pandemi, beli yang essensial dulu aja. Tapi, gue baru ingat kalau ada beberapa produk yang belum sempat gue review di sini. Salah satunya adalah skincare dari line Somethinc ini. (cr:alsdelente.blogspot.com)

Somethinc adalah brand lokal yang menjual skincare dan makeup. Baru-baru ini mereka merilis beauty sponge juga, sih. Yassss. Somethinc, I see you! 😏 Sebenarnya ada beberapa produk dari Somethinc yang mau gue review. Kalau gue review produk-produk Somethinc yang lain di blog ini gimana? Soalnya concern gue adalah, gue telat bangetttt nge-review-nya. Launching-nya kapan, baru mau review-nya sekarang. Takutnya udah nggak informatif lagi gitu loh karena infonya udah ada di mana-mana. Hahaha. Anyway, hari ini kebetulan gue mau nge-review produk essence dari Somethinc yang dirilis di awal tahun 2020 ini, yaitu C-Riously 24K Gold Essence. Sebenarnya, gue udah pakai essence ini selama beberapa bulan, jadi gue rasa sekarang adalah waktu yang tepat untuk me-review produk ini. (cr:alsdelente.blogspot.com)

Somethinc C-Riously 24K Gold Essence berukuran 40 ml. (cr: website Somethinc)

Produk ini gue beli di website resmi Beautyhaulindo. Harga produk satuannya adalah Rp 225,000 untuk ukuran 40 ml. Tapi, gue pribadi biasanya membeli produk ini secara bundle yang berisi 2 produk (1 C-riously 24K Gold Essence + 1 HYAluronic B5 Serum 40 ml) dengan harga Rp 424,500. Kalian juga bisa membelinya secara bundle yang berisi 3 produk (+ Niacinamide+Moisture Beet Serum 40 ml) dengan harga Rp 623,500. Tapi kalian juga bisa beli produk ini di website resminya Somethinc atau di Shopee(cr:alsdelente.blogspot.com)

KEMASAN
(cr:alsdelente.blogspot.com)
Kemasannya sendiri berbentuk botol kaca doff berwarna pink dengan label berwarna kuning. Di botolnya tertera tulisan Female Daily Beauty Awards 2019 Winner. Lalu, di labelnya juga ada keterangan fungsi, cara pakai, formula (ingredients), tanggal kedaluarsa, hingga nomor BPOM. Jadi, produk ini aman ya karena sudah lewat BPOM.  (cr:alsdelente.blogspot.com)

Tadinya gue pikir botolnya berwarna karena style botol-botolnya Somethinc rata-rata berwarna gitu, kan. Setelah gue browsing dan mencari tahu, ternyata memang produk vitamin C harus disimpan di dalam botol yang berwarna dan opaque (tidak bening) karena kandungan vitamin C pada dasarnya sensitif terhadap oksigen, panas, dan kelembaban. Sehingga nggak heran sih ada beberapa produk vitamin C di pasaran yang warnanya bisa berubah seiring berjalannya waktu. Tapi, sejauh gue memakai produk Somethinc ini sih warnanya nggak pernah berubah ya karena dari segi formula dia juga agak berbeda dari produk skincare vitamin C lainnya di pasaran.

Nah, tutup botolnya sendiri adalah pipet yang sekaligus berfungsi untuk mengambil produk. Kemasannya ini cukup unik, guys. Jadi, kalau mau ambil produk tinggal dipencet aja pencetan pipet yang ada di puncak tutup botolnya. Lalu tinggal diaplikasikan deh. (cr:alsdelente.blogspot.com)

Gambar di kiri: Puncak tutup botol berfungsi sebagai pencetan pipet untuk mengambil produk essence. Gambar di kanan: Bila tutup botol diputar sampai mentok, maka pencetan pipet akan masuk ke dalam dan 'mengunci' botol agar tidak tumpah. (cr: dok.pribadi)

Desain kemasan produk ini juga sepertinya sudah dipikirkan matang-matang. Kenapa gue bilang begitu? Karena, kemasannya sendiri didesain untuk bisa 'dikunci'. Lo cukup memutar tutup botolnya aja untuk menutup botol itu, kemudian putar lagi sampai pencetan pipetnya masuk ke dalam. Nah, kalau pencetan pipetnya sudah masuk ke dalam, tandanya botol itu sudah terkunci dengan aman dan gak bakalan tumpah. Siapapun yang mendesain botol ini, kamu jenius banget! Aku pengen sungkem😭 (cr:alsdelente.blogspot.com)


FORMULA
 (cr:alsdelente.blogspot.com
Formula lengkap Somethinc C-Riously 24K Gold Essence adalah sebagai berikut:
Aqua, Acrylates Copolymer, Butylene Glycol, Sodium PCA, Niacinamide, Ascorbyl Glucoside, Triethanolamine, Dmdm hydantoin, Allantoin, Gold

Disini gue melihat tidak ada kandungan fragrance dalam produk ini. Saat diaplikasikan pun nggak ada wangi yang nyengat atau gimana-gimana. Suka nih sama yang kayak gini! Simple, nggak ribut, tapi efeknya ngena! 👍 (cr:alsdelente.blogspot.com)

Saat mengaplikasikan essence ini, kita bisa melihat ada partikel-partikel berwarna emas. Konon, katanya itu memang adalah partikel emas beneran. Nah, tadi di atas udah gue sebutkan bahwa produk ini nggak berubah warna seiring berjalannya waktu. Kok bisa? Kan ini vitamin C? Harusnya berubah warna dong? Jangan-jangan palsu? (cr:alsdelente.blogspot.com)

Nggak, guys. Produk ini beneran vitamin C kok. Menurut penuturan dari website official Somethinc, produk ini mengandung Ascorbyl Glucoside yang adalah senyawa keluarga vitamin C dan merupakan turunan dari Ascorbyl Acid, serta memiliki tingkat kestabilan tinggi. Makanya produk ini nggak mudah berubah warna. pH-nya pun lebih seimbang dengan pH kulit (5-7), sehingga tingkat keasamannya tidak terlalu tinggi dan aman untuk digunakan di kulit sensitif. Contohnya adalah di kulit gue sendiri. Jujur, gue nggak pernah nyobain produk skincare vitamin C karena takut. Soalnya kulit gue sendiri tipenya kering dan sensitif. Jangankan kena vitamin C, kadang aja suka gak cocokkan sama produk-produk skincare lainnya. Nah, tapi setelah membaca penjelasan produk Somethinc ini waktu itu, gue bertekad untuk memantapkan diri mulai menggunakan produk C-Riously 24K Gold Essence ini. Hitung-hitung buat coba-coba doang. Daaaann, ternyata bener aja sesuai dengan klaimnya. Produk ini cukup cocok di kulit sensitif gue. Sejauh ini sih produk ini tidak menimbulkan reaksi alergi atau kemerahan di kulit gue. (cr:alsdelente.blogspot.com)


TEKSTUR
 (cr:alsdelente.blogspot.com
Tekstur C-Riously 24K Gold Essence yang memiliki partikel-partikel emas. (cr: dok.pribadi)

Warna produk ini bening, tapi ada partikel-partikel emasnya. Teksturnya cukup thick (pekat), menurut gue level pekatnya mirip-mirip sama Snail Mucin Essence-nya COSRX. Tapi, meskipun demikian produk ini masih mudah diambil dengan pipet. Setelah diaplikasikan ke wajah, wajah jadi terasa sticky (lengket). Eits! Tapi, jangan langsung ditimpa pakai skincare lain dulu ya, karena gue pernah nonton di Youtube (sorry banget gue lupa siapa, tapi kalau ada yang tahu siapa, tolong kasih tahu gue), ada yang bilang kalau skincare yang masih menyisakan rasa lengket itu berarti belum benar-benar diserap. Harus menunggu beberapa menit dulu sampai wajah lo terasa agak kering, itu berarti skincare-nya udah diserap ke wajah. Dan gue nggak perlu menunggu lama sih agar produk ini terserap. Biasanya gue hanya menunggu sekitar 1-2 menit aja produk ini sudah benar-benar meresap ke dalam kulit. (cr:alsdelente.blogspot.com)


MANFAAT
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Menurut klaimnya, produk ini dapat membantu mencerahkan kulit, melembabkan kulit, dan mempersiapkan kulit sebelum menggunakan makeup. Selain itu, produk ini juga mengklaim dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dan merangsang pembentukan kolagen pada kulit. (cr:alsdelente.blogspot.com)

Setelah beberapa bulan mencoba, gue bisa mengatakan bahwa klaim ini semuanya benar. Pertama, gue merasa kulit gue jadi lebih cerah setelah menggunakan produk ini. Jadi cerah bukan berarti menaikkan tone warna kulit ya, tapi cuma bikin efek muka jadi terlihat lebih segar dan nggak kusam aja. Lalu, gue ngerasa banget ini produk memang melembabkan kulit gue. Setiap gue pakai di malam hari, paginya muka gue langsung jadi plump dan nggak kering. Dan akhir-akhir ini gue juga menggunakan produk ini sebagai primer makeup gue (karena dia ada efek melembabkannya sih). Beneran dong, kalau produk ini dipakai sebagai primer makeup, seharian makeup bakal flawless dan kulit bakal terlihat glowing natural (glowing ya, bukan berminyak). (cr:alsdelente.blogspot.com)

Oh ya, gue juga merasakan manfaat yang satu lagi. Produk ini membantu untuk menyamarkan bekas jerawat kemerahan di kulit gue. Jadi, gue ada 2 bekas jerawat, yang satu bekas jerawat biasa, yang satu lagi jerawat fungal acne. Fungal acne adalah kondisi kulit yang menyerupai jerawat, tapi susah banget hilangnya sehingga butuh treatment khusus untuk menghilangkannya. Biasanya fungal acne ini disebabkan oleh bakteri. Nah, produk ini mampu menyamarkan noda bekas jerawat biasa gue. TAPI, menurut gue produk ini nggak cukup ampuh untuk meredakan fungal acne gue. Di gue, produk ini juga nggak menahan jerawat sih. I mean, jerawat masih bisa datang di kulit gue (biasa di masa-masa hormonal). Jadi kalau jerawat mau tumbuh yah tumbuh aja gitu hahaha. Hanya saja, bekasnya jadi lebih cepat memudar karena pemakaian produk ini. (cr:alsdelente.blogspot.com)


CARA PENGGUNAAN
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
C-Riously 24K Gold Essence tidak dianjurkan untuk digunakan bersamaan dengan produk skincare yang memiliki kandungan AHA dan BHA. (cr: website Somethinc)

Produk ini tidak dianjurkan untuk dipakai bersamaan dengan produk yang memiliki kandungan AHA dan BHA. Biasanya saat gue menggunakan produk ini, gue memang nggak memakai produk exfoliate lagi sih. Namun, menurut klaimnya produk ini bisa digunakan bersamaan dengan Retinol karena vitamin C yang digunakan adalah Ascorbyl Glucoside (pH 5-7 seperti pH kulit).

Menurut anjuran Somethinc, setelah menggunakan toner, tuangkan produk ini secukupnya (5-10 tetes) ke telapak tangan dan tepuk perlahan di kulit wajah. Setelah itu, biarkan menyerap 1-3 menit dan lanjutkan layer berikutnya dengan Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum. Kalau gue pribadi sih lebih sering pakai HYAluronic B5 serumnya yah daripada yang Niacinamide. Tapi bisa disesuaikan kok sama preferensi kalian. (cr:alsdelente.blogspot.com)

Menurut Somethinc, produk ini aman digunakan untuk pagi dan malam hari setiap harinya. Tapi, karena gue lebih prefer skincare pagi yang lebih simple, maka gue pakai produk ini untuk skincare malam aja. Urutan penggunaan produk ini dalam rangkaian skincare yang dianjurkan oleh Somethinc adalah:
Cleanser - Toner - Serum - C-Riously 24K Gold Essence - Moisturizer
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Tahapan skincare gue juga biasanya seperti yang di atas juga sih. Tapi, kalau gue mau pakai Retinol, biasanya tahapan gue jadi:
Cleanser - Toner - HYAluronic B5 - C-Riously 24K Gold EssenceHYAluronic B5 - Retinol - Moisturizer

Saat menggunakan Retinol bersamaan dengan produk ini, biasanya gue layer dengan serum hyaluronic acid 2 kali untuk lebih menghidrasi kulit sesuai dengan anjuran penggunaan. (cr:alsdelente.blogspot.com)

Produk ini juga bisa digunakan sebagai primer makeup agar foundation atau bedak lebih nempel. Tapi, kalau gue pribadi sih baru menggunakannya akhir-akhir ini sebagai primer untuk mendapatkan efek kelembabannya aja. Dan biasanya pun gue layer lagi produk ini sama primer spray dari Studio Tropik (karena kulit gue kering banget dan memang butuh hidrasi). (cr:alsdelente.blogspot.com)

Karena gue lebih sering menggunakan produk ini sebagai skincare malam, maka satu botol C-Riously 24K Gold Essence 40 ml ini gue habiskan dalam waktu 3 bulan (lebih lama waktu habisnya karena sebotol HYAluronic B5 Serum 40 ml yang gue pakai pagi & malam biasanya habis dalam waktu 1-1.5 bulan). Dari awal buka botolnya sampai produknya habis pun warna produknya nggak berubah. Sekarang gue lagi jalan pakai botol yang kedua.

Untuk ibu hamil dan menyusui, lebih baik berkonsultasi dahulu pada dokter sebelum menggunakan produk ini karena kondisi setiap orang kan berbeda-beda ya. (cr:alsdelente.blogspot.com)


TARGET PENGGUNA
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Produk ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Dan untuk lo yang kulitnya kering dan sensitif tapi ada bekas jerawat juga sama kayak gue, gue benar-benar merekomendasikan produk ini karena efek yang paling terlihat di gue adalah dia mampu menyamarkan noda bekas jerawat dan melembabkan kulit. (cr:alsdelente.blogspot.com)

Di website-nya Somethinc sendiri tidak tertulis info mengenai usia minimal penggunaan produk C-Riously 24K Gold Essence ini. Namun, menurut hasil browsing gue, produk vitamin C kan termasuk salah satu produk anti-aging. Nah, kulit manusia pada umumnya mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan di pertengahan usia 20 tahunan. Maka dari itu, dokter menganjurkan menggunakan skincare yang menggunakan vitamin C pada pertengahan usia 20 tahunan. Namun, ada sumber lain yang mencatat bahwa skincare dengan kandungan vitamin C (serum) yang mild / tidak keras sebenarnya sudah bisa dipakai sejak usia 18 tahun. Gue bukan profesional dalam bidang saintifik sih, tapi gue sendiri mulai menggunakan produk vitamin C saat gue berusia 25 tahunan, terutama karena kulit gue sudah menunjukkan tanda-tanda penuaan hahaha. Jadi, sekarang gue lebih memperbanyak penggunaan skincare yang memiliki kemampuan anti-aging, salah satunya adalah produk C-Riously 24K Gold Essence ini(cr:alsdelente.blogspot.com)


PEMAKAIAN PRIBADI
 (cr:alsdelente.blogspot.com
Foto sebelah kiri adalah BEFORE (Maret 2020) dan foto sebelah kanan adalah AFTER (Juli 2020). Foto diambil tanpa filter. Noda bekas jerawat di tengah hidung pada foto BEFORE menjadi samar pada foto AFTER setelah pemakaian C-Riously 24K Gold Essence selama kurang lebih 4 bulan. Sementara, jerawat di dagu (fungal acne) masih ada dan belum memudar. (cr: dok.pribadi) (cr:alsdelente.blogspot.com

Bisa dilihat dari foto before dan after di atas. Foto before (kiri) diambil pada bulan Maret 2020, dan foto after (kanan) diambil pada bulan Juli 2020 (sekarang). Jadi, sekitar 4 bulanan lah perubahannya. Foto di atas nggak gue pakein filter dan nggak gue terangin dua-duanya. Difoto di tempat yang sama dan sama-sama difoto pada siang hari dengan bantuan sinar matahari.

Sebelumnya, gue punya bekas jerawat di tengah-tengah hidung yang berwarna merah (seperti yang ada di bagian before). Jujur itu bekas jerawat udah lama banget sekitar 2 bulanan di hidung gue kagak hilang-hilang hahahaha. Tapi akhirnya gue mulai rutin menggunakan C-Riously 24K Gold Essence dan alhasil pada bulan Juli, bekas jerawat itu sudah agak memudar. Walaupun belum 100%, tapi udah nggak terlihat kemerahan lagi. Sedangkan, di bagian dagu gue ada fungal acne yang gue bilang itu. Bisa dilhat dari foto before dan after, fungal acne gue masih ada nggak berubah sama sekali. Emang fungal acne itu nggak bisa hanya dihilangkan dari skincare doang sih, butuh treatment khusus untuk menghilangkannya.

Btw abaikan ruam bentol pipi di foto after, itu gara-gara perubahan cuaca jadi muncul ruam semacam bentol-bentol gitu. Hahaha. Kulit gue emang paling sensitif sama cuaca, so...yeah.

KESIMPULAN
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Gue bisa menarik kesimpulan bahwa Somethinc C-Riously 24K Gold Essence ini formulanya sederhana, tapi ngefek banget. Meskipun namanya vitamin C, produk ini tidak seperti produk skincare vitamin C lainnya. Warna produk ini gak bakal berubah seiring berjalannya waktu. Produk ini juga aman digunakan di kulit sensitif dan aman di-layer dengan Retinol (asalkan harus extra hidrasi). Produk ini pun juga benar-benar berefek dalam mencerahkan kulit wajah, menyamarkan noda bekas jerawat, dan melembabkan kulit. Hanya saja produk ini tidak membantu dalam kondisi khusus kulit gue, yaitu fungal acne. Hanya karena pakai produk ini, bukan berarti jerawat gak bakal datang lagi ya. Setidaknya di gue sih jerawat tetap muncul-muncul aja, tapi produk ini ngebantunya justru pada saat proses menghilangkan noda bekas jerawat. Enak banget pakai produk ini, ringan dan mudah diserap ke wajah. Dan untuk kemasannya...kayaknya gue gak perlu ngomong banyak lagi deh. Kemasannya benar-benar praktis dan inovatif! Secinta itu gue sama kemasannya huhuhu. Well, kesimpulannya gue suka banget sama produk ini sih karena cukup memiliki efek positif di gue. Walaupun demikian, gue mau bilang bahwa pada akhirnya sebagus-bagusnya produk skincare, gak ada skincare yang benar-benar 100% sempurna. Jadi, jangan menggantungkan seluruh perawatan kulit lo hanya pada produk skincare yang merawat dari luar saja. Asupan yang masuk ke dalam juga harus diperhatikan, yaitu menjaga pola hidup sehat dan banyakin makan makanan sehat, istirahat cukup, dan minum air putih yang banyak. Seiring dengan beberapa bulan pemakaian produk Somethinc ini, di saat yang bersamaan gue juga mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula, serta memperbanyak makan sayur dan buah-buahan. Dengan demikian hasil skincare-nya baru makin maksimal. 😉(cr:alsdelente.blogspot.com)
Akhir kata, gue seneng banget sama produk ini. Buktinya gue masih terus pakai produk ini hingga hari ini. Gue beneran secinta itu sama skincare line-nya Somethinc ini! Produk lokal tapi kualitas internesyenel. SomethincI'm looking forward untuk produk-produk skincare baru dari kalian ya! 

(+) PROS:
* Mencerahkan kulit.
* Melembabkan kulit & membuat kulit jadi kenyal.
* Mampu menyamarkan noda bekas jerawat.
* Multifungsi, bisa berfungsi sebagai essence maupun primer makeup.
* Kemasan sangat praktikal dan aman.

* Produk lokal, cuy!
(cr:alsdelente.blogspot.com)
(-) CONS:
* Harga lumayan merogoh kocek.
* Tidak berefek pada kondisi tertentu di kulit gue, seperti fungal acne.

(cr:alsdelente.blogspot.com)
RATE:
Quality: ★★★
Packaging: ★★★
Price: ★★
FINAL VERDICT: The best vitamin C for sensitive skin!

(PS: Mohon izin terlebih dahulu pada pemilik blog bila ingin copas artikel. Terima kasih.)

2 comments: