Pages

Feb 8, 2020

[REVIEW] MUD MASK UNTUK DRY SKIN -- LUXCRIME Turmeric Jasmine Mud Mask


Halo, guys!

APA KABS? Gilaaaakkk maaf banget karena gue tiba-tiba ngilang dalam waktu yang lama. Gue hiatus beberapa bulan karena disibukkan dengan urusan kuliah, lalu dengan berbagai urusan in my real life plus gue waktu itu baru saja melewati masa-masa jenuh dengan dunia beauty, jadinya blog gue yang ini malah ditelantarkan hahahaha. But it's okay, now I'm coming back again dengan membawa review baru, yay! Tapi disclaimer dulu yah, sepertinya review gue yang kali ini akan lebih singkat karena gue sedang dalam rangka mau ngerapiin artikel-artikel blog gue dengan format-format tertentu biar lebih terstruktur aja sekaligus untuk mengurangi statement gue yang (setelah gue baca-baca artikel gue lagi) suka diulang-ulang. HAHAHAHA. Ok, balik ke topik awal.
Sebelumnya, gue udah pernah menulis artikel mengenai produk dari brand ini, yaitu di artikel Review Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask. Nah, kali ini gue mau menulis review mengenai Mud Mask dari brand Luxcrime lagi nih, tapi yang seri Turmeric Jasmine Mud Mask(cr:alsdelente.blogspot.com)
Luxcrime sendiri merupakan salah satu brand lokal yang menjual produk-produk skincare dan makeup. Produk pertama Luxcrime yang gue beli adalah Charcoal Mint Mud Mask dan overall, gue cukup puas dengan hasilnya. Maka dari itu, kali ini gue sudah percaya sama brand ini dan membeli masker seri Turmeric Jasmine Mud Mask yang ini. Keep in mind, review ini sebenarnya udah ada di draft dari tahun 2019, cuma gue belum sempet ngelanjutin tulisan gue dan baru sempet sekarang HAHAHAHA. Dan percayalah, saat gue menulis review ini, sebenarnya Turmeric Jasmine Mud Mask gue benar-benar udah habis. Gue sebenarnya nggak ada niat repurchase lagi karena gue udah punya chemical exfoliator, tapi gara-gara ngeliat IGStory Paola Tambunan gue jadi keracunan lagi dan malah menggerakkan tangan gue untuk beli lagi di Shopee! HAHAHAHAHA. Penasaran kan gimana review gue setelah menghabiskan 2 jar masker ini? Cusss lanjut baca terus! (cr:alsdelente.blogspot.com)

Gue membeli Turmeric Jasmine Mud Mask ini di Tokopedia dengan harga Rp 129,000 dalam bentuk jar 70 gram. Namun, sekarang produk ini dikemas dalam bentuk tube berukuran 50 gram seharga Rp 119,000. Ukurannya lebih kecil sih, dengan demikian harganya pun lebih murah. Nah, karena itu gue mau review produk ini dari saat kemasannya masih dalam kemasan jar aja ya (70 gram), yang penting formula isinya sama. (cr:alsdelente.blogspot.com)


KEMASAN
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Kemasan lama Luxcrime Turmeric Jasmine Mud Mask adalah dalam bentuk jar. Untuk setiap pembelian pada tahun 2019 akan diberi free brush. (cr: dok.pribadi)

Ini adalah kemasan lama Turmeric Jasmine Mud Mask pada tahun 2019-an, yaitu masih dalam bentuk jar. Waktu itu pada setiap pembelian jar produk ini, pembeli akan mendapatkan free brush juga. Kualitas brush-nya not bad sih, yang penting masih dapat digunakan untuk meratakan masker ke seluruh wajah. (cr:alsdelente.blogspot.com)

Kiri: Kemasan karton Luxcrime Turmeric Jasmine Mud Mask. Tengah: Kemasan karton baru Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask dan Turmeric Jasmine Mud Mask. Kanan: Kemasan baru Luxcrime Turmeric Jasmine Mud Mask yang kini berbentuk tube. (cr: dok.pribadi)

Nah, sekarang maskernya Luxcrime udah ganti kemasan jadi kemasan tube seperti foto-foto di atas. Produk Charcoal Mint Mud Mask-nya juga diganti dalam bentuk tube juga. Seperti yang gue paparkan di atas, selain bentuk kemasannya yang diubah, ukuran maskernya pun berubah dari yang tadinya 70 gr (dalam kemasan jar) kini menjadi 50 gr (dalam kemasan tube). Untuk warna kemasannya Charcoal Mint Mud Mask didominasi warna abu-abu dan Turmeric Jasmine Mud Mask kemasannya didominasi oleh warna kuning. Jujur, menurut gue kemasan bentuk tube ini lebih higienis daripada kemasan jar karena kalau menggunakan kemasan jar, kita harus membuka tutup jar untuk mengambil produk sehingga isi produk seluruhnya terpapar udara saat kita membuka tutup jar. Jujur, masker Luxcrime gue yang ada di kemasan lama (kemasan jar) lumayan cepat mengering karena terlalu sering gue buka tutup. Nah, karena sekarang kemasannya udah dalam bentuk tube, setidaknya dapat mengurangi isi produk yang terpapar udara. Kemasan tube ini menurut gue juga lebih travel-friendly karena rentan tumpah dan ukurannya sleek banget untuk dimasukkan ke makeup pouch(cr:alsdelente.blogspot.com)


FORMULA
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Formula lengkap Turmeric Jasmine Mud Mask adalah sebagai berikut:
Aqua, Kaolin, Bentonite, Alcohol, Oryza Sativa Powder, Glycerin, Isononyl Isononanoate, Olive (Olea Europaea) Oil, CI 77891, Propylene Glycol, Butyrospermum Parkil Butter, Cetyl Alcohol, Hamamelis Virginiana Leaf Extract, Niacinamide, PVP, Phenoxyethanol, CI 77492, Curcuma Longa Root Extract, Jasminum Sambac (flower) Extract, Tocopheryl Acetate, Glycyrrhiza Glabra (root) Extract, Citric Acid, Fragrance, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Silica Silylate, Aluminum Hydroxide, Ethythexylglycerin, Menthyl Lactate, Triethoxycaprylylsilane

Namun ada beberapa formula yang di-highlight atau yang ditekankan dalam masker ini, yaitu: (cr:alsdelente.blogspot.com)
  • Turmeric Extract sebagai antioksidan dan untuk mencerahkan secara alami.
  • Jasmine Extract untuk menyediakan kelembaban alami.
  • Licorice Roots untuk mencerahkan kulit serta membuat kulit menjadi awet muda.
  • Witch Hazel untuk mengurangi iritasi dan inflamasi pada kulit.
  • Shea Butter untuk membantu mencerahkan dark spots dan mengurangi tanda-tanda penuaan.
  • Olive Oil untuk memperbaiki sel kulit yang rusak.
  • Tocopheryl Acetate untuk melembutkan dan menyegarkan kulit.
  • Oryza Sativa Powder untuk meningkatkan produksi kolagen kulit dan membuat kulit menjadi lebih berseri. (cr:alsdelente.blogspot.com)
Hal pertama yang gue notice saat membuka bungkus karton masker ini (baru kartonnya loh ya, belum kemasan tube-nya), wangi jasmine-nya udah berasa kenceng bangetttt. Hahahahahahaha. Dan ternyata memang ada kandungan fragrance dalam formula masker ini (bukan kandungan yang terutama). Walaupun demikian, sejauh ini gue nggak merasa ada efek samping dari adanya fragrance masker ini di gue.
Oh, ya. Turmeric Jasmine Mud Mask dari Luxcrime ini juga sudah mendapatkan sertifikasi BPOM yaitu BPOM NA18180201458, jadi tentu aja produk ini udah aman dan produk ini bukan produk abal-abal hehe. (cr:alsdelente.blogspot.com)


TEKSTUR
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Tekstur Turmeric Jasmine Mud Mask yang memiliki partikel-partikel eksfoliasi. (cr: dok.pribadi)

Warna dari Turmeric Jasmine Mud Mask berwarna kuning. Tekstur maker ini mirip-mirip dengan tekstur Charcoal Mint Mud Mask-nya Luxcrime. Yah, gimana sih tekstur mud mask pada umumnya hahahaha. Lalu ada partikel-partikel exfoliator-nya yang menurut gue cukup halus dan nggak gede-gede, jadi masih aman-aman aja digunakan di kulit gue yang cukup sensitif. (cr:alsdelente.blogspot.com)


MANFAAT
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Sesuai namanya, bahan utama dari masker ini adalah Turmeric (kunyit). Turmeric sendiri memang sudah dikenal sangat bermanfaat untuk kulit seperti menjadi anti-inflammatory dan anti-bakteri, melawan jerawat, mengurangi lingkar hitam pada mata, melindungi kulit dari efek sinar matahari, dan melembabkan kulit kering. Ini OOT sih, tapi bahkan gue pernah nonton video Vogue pas si Priyanka Chopra melakukan skincare routine-nya dan dia beneran maskeran pake Turmeric, literally kunyit ditumbuk jadi masker hahahahahaha. Selain Turmeric, masker ini juga terdiri dari bahan-bahan lain seperti yang tertulis di atas dan masing-masing bahannya itu bermanfaat untuk kulit. Jujur, melihat bahan-bahannya dari awal aja udah membuat gue yakin kalau masker ini cocok banget untuk kulit gue yang cenderung kering dan sensitif.
Di gue pribadi jujur masker ini bekerja dengan baik untuk mengeksfoliasi kulit gue. Apalagi kulit gue kan kering dan kadang suka muncul dry patches, nah habis pakai masker ini biasanya dry patches itu lumayan agak berkurang. Gue juga merasa wajah gue jadi terlihat lebih cerah dan radiant setelah menggunakan masker ini. Jujur, agak sulit bagi gue yang punya kulit kering untuk mencari mud mask yang cocok karena rata-rata mud mask yang gue coba itu bikin efek kulit ketarik banget (yang berarti masker-masker itu cenderung mengeringkan kulit gue). Beruntungnya, gue nggak merasakan efek demikian setelah menggunakan Turmeric Jasmine Mud Mask ini. Masker ini benar-benar mild dan gentle banget, bahkan mampu membuat kulit gue merasa hydrated setelah menggunakannya. Biasanya kalau gue habis makeup seharian, at the end of the day gue bakal menggunakan masker ini karena beneran habis pakai masker ini muka berasa jadi bersiiihhhh banget hahaha.
Namun, masker ini belum mampu meredam ruam-ruam merah di muka gue akibat sensitif terhadap cuaca. Masker ini juga nggak berfungsi meredam bibit jerawat ataupun jerawat di kulit gue. Gue pernah menggunakan masker ini di jerawat gue karena iseng-iseng aja, soalnya biasa gue pakai Charcoal Mint Mud Mask tuh ngaruh banget buat kempesin jerawat gue. BAD IDEA, karena jerawat gue langsung tumbuh gede setelah menggunakan masker ini HAHAHAHAHA. Jadi, emang Charcoal Mint Mud Mask lebih ngefek untuk jerawat daripada Turmeric Jasmine Mud Mask(cr:alsdelente.blogspot.com)


CARA PENGGUNAAN
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Menurut website-nya Luxcrime, ini adalah cara penggunaan Turmeric Jasmine Mud Mask yang tepat:
Oleskan sedikit masker pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit untuk meningkatkan penyerapan kandungan dan bilas dengan air bersih. Lebih baik digunakan setelah menguapkan wajah.

Tapi, gue sendiri jujur biasanya hanya menggunakan masker ini selama 10 menitan aja, pokoknya sampai permukaan maskernya udah mengeras di permukaan kulit untuk tetap menjaga kelembaban kulit gue dan supaya nggak ada efek 'ketarik' hahaha. Selain itu, biasanya gue hanya menggunakan masker ini seminggu sekali atau dua minggu sekali, penggunaannya diselang-seling sama chemical exfoliator gue. Memang untuk masker exfoliasi ini dianjurkan sebaiknya hanya digunakan 1-2 kali dalam seminggu saja, nggak perlu terlalu sering karena bisa merusak kulit. (cr:alsdelente.blogspot.com)


TARGET PENGGUNA
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Masker ini sangat gue sarankan untuk kalian yang memiliki kulit kering (dry skin) karena masker ini mampu mengeksfoliasi kulit kalian tanpa membuat iritasi dan tanpa menyerap kelembaban di kulit. Bahkan, setelah memakai masker ini gue merasa kulit gue lebih terhidrasi. Namun, bila kulit kalian cenderung sensitif gue sarankan untuk coba konsultasikan terlebih dahulu ke ahlinya karena masker ini mengandung bahan fragrance dalam formulanya. Kalau gue pribadi yang kulitnya cenderung sensitif sih, bahan ini sama sekali nggak memberikan efek negatif di gue setelah gue menggunakan masker ini. Tapi, kalau kalian misalnya nggak cocok dengan skincare yang memiliki wewangian atau fragrance, gue sarankan untuk konsultasikan dulu ke ahlinya sebelum menggunakan. Turmeric Jasmine Mud Mask ini menurut gue harganya sedikit lebih affordable daripada mud mask Korea yang beredar di pasaran. Cara penggunaannya pun menurut gue cukup simple (karena gue tahu ada beberapa masker di luaran sana yang bersyarat, entah harus dibilas pakai air hangat lah, dsb). Jadi, gue cukup merekomendasikan masker ini untuk kalian yang mencari alternatif mud mask Korea dengan harga yang lebih affordable dan anti ribet. Selain itu, gue juga merekomendasikan masker ini untuk kalian yang suka bepergian karena kemasan barunya (kemasan tube) sangatlah sleek dan travel-friendly sehingga mudah dibawa ke mana-mana. (cr:alsdelente.blogspot.com)


KESIMPULAN
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Secara keseluruhan, gue merasa Turmeric Jasmine Mud Mask ini memang dibuat untuk gue banget yang kulitnya cenderung kering dan sensitif. Partikel exfoliasinya masih mild dan sejauh ini nggak abrasive untuk kulit gue (karena kulit gue ada bagian pori-pori yang 'somplak' abis pake masker eksfoliasi brand lain waktu itu, dan itu nggak bisa balik lagi 😭). Masker ini nggak bikin kulit berasa ketarik (seperti pada pemakaian mud mask pada umumnya), malah berasa menghidrasi kulit banget. Selain itu, masker ini juga mampu mencerahkan kulit setelah pemakaiannya. Untuk kemasan, cuma ada satu kata: GENIUS! Kemasannya super ringkes, mudah dibawa-bawa, higienis, dan travel-friendly. Kemasan tube ini juga membuat isi masker jadi tidak cepat kering. Gue sangat merekomendasikan masker ini untuk kalian yang berkulit kering atau untuk kalian yang mau mencari masker untuk dibawa-bawa travelling. Masker ini cocok banget untuk digunakan pada saat musim-musim hujan akhir-akhir ini, di mana suhu menurun dan kulit jadi kering banget. Namun, masker ini memiliki kandungan fragrance di dalamnya sehingga untuk kalian yang memiliki kulit sensitif terhadap fragrance disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya. Overall, gue seneng banget karena akhirnya menemukan masker yang klop dengan tipe kulit gue! Malah produk lokal pula, jadi mudah dicari di mana-mana. Gak nyesel ngelihat IGStory Paola Tambunan dan jadi repurchase ini! Pada akhirnya gue sadar, gue akan selalu balik ke Turmeric Jasmine Mud Mask dari Luxcrime ini karena belum ada mud mask lain yang secocok itu di kulit gue hahaha. (cr:alsdelente.blogspot.com)


(+) PROS:
* Mencerahkan kulit.
* Mampu menghidrasi kulit dan tidak membuat efek 'ketarik' di kulit.
* Kemasan ringkes dan travel friendly.
* Harga masih relatif terjangkau dan ini merupakan produk lokal.
(cr:alsdelente.blogspot.com)
(-) CONS:
* Mengandung fragrance.
* Belum mampu meredakan jerawat atau ruam kemerahan di kulit gue.

(cr:alsdelente.blogspot.com)
RATE:
Quality: ★★★
Packaging: ★★★
Price: ★★
FINAL VERDICT: A good mud mask for dry skin!

(PS: Mohon izin terlebih dahulu pada pemilik blog bila ingin copas artikel. Terima kasih.)

1 comment: