Pages

Oct 21, 2018

[REVIEW] LUXCRIME Charcoal Mint Mud Mask Pada Kulit Kering (Dry Skin)


Hai.

Tahun ini adalah tahun di mana gue mulai aktif untuk belajar makeup. Karena pada tahun-tahun sebelumnya, gue belum terlalu aware terhadap makeup seperti pada awal tahun ini (walaupun sebenarnya gue udah mulai menggunakan makeup sejak 10 tahun yang lalu, tapi belum begitu proper lah step by step-nya). Karena itu, gue pun sekarang jadi lebih sering untuk latihan makeup dan mencoba produk-produk makeup. Nah, setelah beberapa lama kemudian, gue baru menyadari bahwa gue terlalu sering memakai makeup yang berat, namun tidak sebanding dengan perawatan kulit gue. Selama 10 tahun terakhir kenal makeup pun tidak membuat gue peduli akan skincare. Gue aja baru menggunakan moisturizer untuk pertama kalinya pada awal tahun ini hahahahahaha. Itupun karena gue baru tahu kalau moisturizer itu esensial dari pengajar kelas makeup gue. Setelah itu, gue pun jadi lebih aware terhadap skincare untuk memberikan keseimbangan bagi wajah gue yang keseringan pakai makeup berat sekarang. Skincare yang gue gunakan awalnya hanyalah yang esensial saja, seperti moisturizer dan face cleanser (Ya, gue juga baru mengenal face cleanser tahun ini juga lol). Kemudian, gue baru menyadari bahwa face cleanser nggak terlalu membantu untuk mengangkat kotoran dan komedo dengan maksimal di wajah gue.(cr:alsdelente.blogspot.com)

Maka, gue pun dulu bertanya pada teman gue bagaimana caranya mengangkat komedo dan minyak berlebih terutama di area pipi. Salahnya adalah, gue bertanya pada teman gue yang memiliki kulit sangat berminyak. Sedangkan, kulit gue adalah kulit yang sangat kering. Nah, teman gue ini merekomendasikan clay mask dari salah satu brand Korea yang heboh banget itu. Lalu gue mencoba untuk menggunakan clay mask tersebut. Setelah gue gunakan beberapa kali, area T-zone gue jadi semakin kering dan jadi sering muncul beruntusan. Yap, clay mask itu ternyata memiliki kandungan fragrance yang kuat. Seperti yang gue pernah katakan di artikel-artikel sebelumnya, gue mudah alergi terhadap produk yang memiliki kandungan fragrance yang terlalu tinggi. Setelah itu, gue udah nggak pernah pakai clay mask atau mask dalam bentuk apapun lagi karena trauma hahahahaha.(cr:alsdelente.blogspot.com)

Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask. (cr: Tokopedia Luxcrime)

Hingga akhirnya gue menonton review beauty guru di Youtube. Mereka merekomendasikan mud mask dari brand lokal, yang bernama Charcoal Mint Mud Mask dari Luxcrime. Gue agak skeptis awalnya karena gue teringat kejadian saat clay mask Korea yang dulu sempat membuat gue beruntusan. Namun, setelah gue melihat review produk yang bersangkutan di femaledaily.com, ternyata banyak yang menyukai produk mud mask ini. Beberapa bahkan mengatakan bahwa produk ini tidak terlalu membuat wajah kering. Dan ternyata gue baru mengerti setelah mencari tahu lebih dalam, bahwa clay mask itu umumnya untuk orang yang berkulit berminyak dan mud mask itu untuk orang yang berkulit kering. Jadi, setidaknya gue ada harapan mud mask dari Luxcrime ini bakal berbeda dari clay mask Korea yang bikin gue beruntusan itu lah lol. Akhirnya, gue membeli produk ini di salah satu reseller di Tokopedia karena pas gue membeli waktu itu, toko resmi Luxcrime belum me-restock produknya. Tapi, sekarang produk ini sudah di-restock dan bisa dibeli di toko resmi Luxcrime di Tokopedia. Produk ini dibanderol dengan harga Rp 129,000.(cr:alsdelente.blogspot.com)


KEMASAN
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Ukuran Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask bila dibandingkan dengan ukuran permukaan tangan. (cr: dok.pribadi)

Produk ini memiliki massa 70 gram dan dikemas dalam kemasan jar. Awalnya, gue pikir ukuran produk ini lebih kecil dari ekspektasi gue. Namun, ternyata produk ini malah nggak habis-habis hahahahaha. Mungkin karena gue hanya menggunakan mud mask ini seminggu sekali aja kali ya. Karena sebenarnya produk ini tuh nggak perlu dipakai banyak. Cukup oleskan produk mud mask ke wajah secara tipis-tipis aja.(cr:alsdelente.blogspot.com)

(((UPDATED: 8 FEBRUARY 2020)))

Kemasan karton baru Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask dan Turmeric Jasmine Mud Mask. (cr: dok.pribadi)

Pada tahun 2020, kemasan masker ini berubah menjadi kemasan tube. Isi masker jadi nggak lebih cepat kering karena nggak banyak kontak udara lagi setiap mau keluarin produk. Selain itu, massa mud mask ini berubah dari yang tadinya 70 gram kini menjadi 50 gram. Kemasan tube ini lebih travel friendly karena bentuknya lebih sleek dan lebih mudah dibawa ke mana-mana. (cr:alsdelente.blogspot.com)


FORMULA
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Adapun formula dari Charcoal Mint Mud Mask adalah:
Aqua, Kaolin, A Natural Hydrous Magnesium Silicate/ Talc, Bentonite, Oryza Sativa Powder, Alcohol, Glycerin, Olive (Olea Europaea) Oil, Titanium dioxide, Butyrospermum Parkii (Shea Butter) Extract, Fragrance, Hamamelis Virginiana Leaf Extract, PVP, Phenoxyethanol, Tocopheryl Acetate, Xanthan Gum, Citric Acid, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Melaleuca Alternifolia Leaf Oil 

Dalam produk mud mask ini terdapat kandungan fragrance. Saat gue membuka jar produknya pun bau mint-nya udah tercium tajam banget. Di dalam produk ini juga terdapat kandungan alkohol. Gue sebenarnya agak menjauhi produk yang mengandung alkohol karena berpotensi dapat membuat wajah gue semakin kering. Namun, gue udah terlanjur beli lol inilah akibatnya jadi manusia impulsif yang beli dulu baru mikir kemudian. Tapi gue pikir ya udah deh nggak apa-apa, nggak ada salahnya dicoba dulu kan hehehehe. Produk ini mengklaim dapat mengatasi masalah kulit seperti breakout, komedo, whitehead, dan mengurangi penampakan pori-pori. Produk ini juga mengandung vitamin E. Karena klaimnya itu, gue pun sedikit menaruh harapan pada produk ini.(cr:alsdelente.blogspot.com)


TEKSTUR
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Tekstur Luxcrime Charcoal Mud Mask bila diaplikasikan (kiri) dan bila sudah diratakan dengan permukaan kulit (kanan). Mud mask ini cepat mengering setelah diratakan. (cr: dok.pribadi)

Mud mask ini memiliki tekstur scrub-scrub kecil, sehingga gue juga suka sekalian eksfoliasi wajah pada saat membilas masker ini dengan air. Scrub-nya menurut gue nggak gede dan nggak sakit kok; masih bisa ditoleransi. Sejauh ini, gue belum merasa efek membersihkan komedo dari scrub ini. Namun, gue merasa scrub dalam mud mask ini cukup membantu gue untuk mengangkat sel kulit mati.(cr:alsdelente.blogspot.com)


MANFAAT
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Menurut website resmi Luxcrime, Charcoal Mint Mud Mask ini memiliki beberapa manfaat, antara lain:
Membantu mengatasi masalah kulit termasuk breakout, black /white head, dan mengurangi penampakan pori-pori. Serta membantu menstimulasi, mencerahkan, dan melembutkan kulit wajah. Diperkaya dengan Vitamin E untuk melembabkan kulit Anda.
- Detoxifying
- Tightening
- Reduce Pore Size
- Remove Dead Skin
- Reduce Acne Breakouts
- Reduce Acne scars
- Remove Blackheads

Mud mask cepat mengering di wajah setelah diaplikasikan, sehingga dapat segera dibilas dalam waktu 10 menit. (cr: dok.pribadi)

H+1 setelah menggunakan Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask. Mud mask ini membuat wajah menjadi kenyal keesokan harinya dan tidak menimbulkan beruntusan. Namun, mud mask ini belum memberikan efek mengecilkan pori-pori atau membersihkan komedo. (cr: dok.pribadi)

Seperti yang dilihat dari foto di atas, pada keesokan paginya wajah gue terasa lebih kenyal dan terhidrasi. Tak ada tanda-tanda beruntusan di wajah. Namun, gue pribadi belum merasakan efek menghilangkan komedo atau mengecilkan pori-pori seperti yang diklaim oleh mud mask ini. Seperti yang bisa dilihat di foto, pori-pori gue masih belum mengecil dan komedo di hidung gue masih tetap ada. Tapi, gue merasa mud mask ini agak bisa mengatasi breakout di wajah gue. Gue pernah menggunakan mud mask ini saat muka gue lagi jerawat parah ketika mau PMS. Setelah gue menggunakan mud mask ini, keesokan harinya jerawat gue langsung menghilang. Sejak saat itu, gue kadang menggunakan mud mask ini untuk spot treatment kalau lagi ada jerawat yang baru mau muncul. Karena memang produk ini secepat itu kempesin jerawat.


CARA PENGGUNAAN
 (cr:alsdelente.blogspot.com)

Menurut instruksinya, masker ini harus didiamkan selama 20 menit di wajah, setelah itu baru bisa dibilas dengan air. Gue membaca beberapa review orang yang mengatakan bahwa masker ini membuat mata mereka pedih. Tapi, gue pribadi nggak merasa masker ini menimbulkan efek pada mata sih. Mungkin efeknya itu dikarenakan masker ini memiliki fragrance mint yang kuat, sehingga saat didiamkan di wajah, ada efek dingin dan pedas dari mint-nya gitu, tapi nggak sampai menyakiti mata kok.(cr:alsdelente.blogspot.com)
Setelah beberapa kali menjalani trial & error menggunakan produk ini, akhirnya gue menemukan cara menggunakan mud mask ini secara ideal di kulit kering dan sensitif seperti gue, yaitu:
  • Bersihkan wajah dengan face cleanser dan bilas dengan air. Keringkan wajah dengan handuk bersih.
  • Ambil produk dari jar dan oleskan secara tipis-tipis di wajah. Jauhi area mata & mulut. Karena memang gue ingin produk ini bisa kering dalam waktu 10 menit saja, supaya gue nggak perlu menunggu terlalu lama untuk membilas. Semakin tebal gue mengaplikasikannya, maka keringnya akan semakin lama gue harus mendiamkan mud mask ini agar kering di wajah gue. Semakin lama mendiamkan mud mask di wajah gue berarti semakin membuat wajah gue kering.
  • Diamkan selama 10 menit saja di wajah. Tenang aja, produk ini cepat mengering kok kalau dioleskan tipis-tipis ke wajah.
  • Bilas mud mask dengan air. Sambil membilas, gue sekalian eksfoliasi dengan memutar dan memijat lembut scrub ke seluruh wajah.
  • Bilas dengan air sampai tak tersisa produk di wajah. Keringkan wajah dengan handuk bersih.
  • Langsung menggunakan hydrating toner, essence, serum, moisturizer, night cream dengan takaran lebih banyak daripada biasanya untuk menjaga wajah tetap terhidrasi dan tidak kering setelah menggunakan mud mask.
Pada saat awal gue menggunakan mud mask ini, gue mengikuti instruksi untuk mendiamkan masker di wajah selama 20 menit. Setelah itu, kulit gue jadi kering banget. Keesokan harinya, malah muncul jerawat-jerawat kecil di wajah gue. Gue langsung sadar bahwa gue terlalu lama menggunakan mud mask ini di wajah gue. Untuk kalian yang kulitnya berminyak, mungkin tak akan bermasalah untuk menggunakan mud mask ini selama 20 menit. Tapi, karena kulit gue sangat kering, maka gue menggunakan mud mask ini selama kurang lebih 10 menit saja. Setelah gue coba gunakan mud mask ini selama 10 menit, hasilnya ternyata cukup baik. Wajah gue nggak terasa kering setelah dipakai, malah terasa kenyal.(cr:alsdelente.blogspot.com)


TARGET PENGGUNA
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Charcoal Mint Mud Mask ini menurut gue cocok banget untuk kalian yang lagi mencari mud mask yang bisa meredam bibit-bibit jerawat. Namun, gue merasa masker ini lebih cocok untuk kalian yang memiliki kulit cenderung berminyak atau kombinasi. Untuk kalian yang berkulit kering seperti gue, gue sarankan untuk mengkombinasikan penggunaan masker ini dengan masker Turmeric Jasmine Mud Mask. Masker ini mengandung alkohol dan fragrance, jadi untuk kalian yang kulitnya sensitif disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke ahlinya sebelum menggunakan masker ini. (cr:alsdelente.blogspot.com)


KESIMPULAN
 (cr:alsdelente.blogspot.com)
Secara keseluruhan, cukup puas dengan kinerja dari Charcoal Mint Mud Mask ini untuk mengangkat kulit mati. Akhirnya, gue menemukan mud mask yang cocok untuk T-zone dan nggak bikin beruntusan di kulit gue. Malah brand lokal pula, jadi lebih gampang dicari hahahaha. Gue merekomendasikan produk ini bagi kalian yang baru mau coba-coba menggunakan mud mask. Sejauh ini di gue efeknya baru cuma mengangkat kulit mati saja, belum sampai mengecilkan pori-pori. Namun, yang gue suka adalah produk ini tidak membuat kulit gue terasa kering banget setelah digunakan. Justru produk ini malah membuat wajah gue jadi kenyal pada keesokan harinya. Untuk harga, menurut gue masih terjangkau untuk ukuran mud mask (karena mud mask pada umumnya memiliki kisaran harga yang lebih pricey). Gue mungkin akan lanjut untuk menggunakan mud mask ini sampai habis satu jar dulu untuk melihat apakah ada perbedaaan yang signifikan atau tidak.(cr:alsdelente.blogspot.com)


(+) PROS:
* Lumayan bisa mengangkat kulit mati karena ada kandungan scrub dalam mud mask.
* Membuat wajah terasa kenyal.
* Tidak memberikan efek terlalu kering.
* Harga masih relatif terjangkau dan ini merupakan produk lokal.
(cr:alsdelente.blogspot.com)
(-) CONS:
* Mengandung fragrance dan alkohol.
* Belum bisa mengangkat komedo atau mengecilkan pori-pori.

(cr:alsdelente.blogspot.com)
RATE:
Quality: ★★★
Packaging: ★★★
Price: ★★
FINAL VERDICT: Surprisingly the fragrance didn't affect my skin that much!

(PS: Mohon izin terlebih dahulu pada pemilik blog bila ingin copas artikel. Terima kasih.)

1 comment: