Pages

Sep 28, 2019

[REVIEW] PRODUK ALIS RIBET? MASA SIH??? Freeze Tinted Brow Mascara - ESQA COSMETICS


Hai.

Beberapa bulan terakhir, gue mulai merasa jengah menggunakan eyeshadow untuk alis gue. Ya, sudah setahun ini gue nggak menggunakan pensil alis, melainkan hanya menggunakan eyeshadow saja untuk menggambar alis. Pasalnya, setelah digambar pun bulu alis gue tetap turun dan gak karuan gitu arahnya. Gue sudah menggunakan brow mascara biasa, tapi kayaknya nggak bisa terlalu mengangkat bulu alis gue yang turun-turun. Gue sempat kepikiran pengen beli brow product lain seperti brow pomade. Namun, di satu sisi gue tuh nggak suka finishing pomade karena seringkali finishing-nya mengkilap di alis gue. Alis gue jadi terlihat minyakan banget. Nah, pas banget saat gue sedang butuh brow product, ESQA Cosmetics baru meluncurkan produk brow mascara mereka yang bernama Freeze Tinted Brow Mascara. Gue udah eye-ing produk ini nih, secara di video demo-nya warna mascaranya pekat banget kan. Jadi gue mikir mungkin dengan brow mascara ESQA ini bisa gue gunakan untuk substitusi brow routine gue yang lama.

ESQA Cosmetics adalah sebuah brand lokal yang berdiri sejak bulan Juni2016. ESQA sendiri sejauh ini sudah memproduksi beberapa produk seperti brow pomade pencil, eyeliner, face palette, brow mascara, dan baru-baru ini mereka meluncurkan eyeshadow palette. Ngomong-ngomong, brand ESQA ini udah masuk ke Sephora. Jadi kualitasnya udah nggak perlu diragukan lagi deh (karena yang gue pernah baca di artikel, untuk sebuah brand bisa masuk ke Sephora gitu nggak gampang. Kualitas produk yang bersangkutan harus melewati standar kualitas Sephora). Produk ESQA yang pernah gue coba sebelumnya adalah brow pomade pencil. Gue sempat repurchase beberapa kali, tapi sekarang sudah tidak gue gunakan lagi...because yeah it's a pomade lol. Tapi, untuk kalian yang adalah team brow pencil, pasti bakal suka sama produk brow pomade pencil mereka karena cukup pigmented dan tahan lama. Anyway, balik lagi ke topik awal. Gue akhirnya lebih memilih brow mascara-nya karena gue ingin produk alis yang udah 2in1, jadi dalam 1 produk sudah bisa mengangkat alis sekaligus memberi warna pada alis. Jujur, gue nggak berekspektasi apa-apa saat baru beli brow mascara ESQA karena produk ini rata-rata mendapatkan review 3-4 stars saja di website femaledaily.com. Beberapa reviewers mengeluhkan bentuk spoolie dan tinta mascara yang terlalu pigmented. Tapi berhubung waktu itu ESQA lagi ada diskon di Shopee, gue akhirnya penasaran untuk beli. Gue penasaran apakah produknya beneran seribet dan seburuk yang dikomentari netizens atau nggak. Toh, gue yakin gak ada produk makeup yang gak bisa digunakan, kecuali kalau nggak cocok di kulit (nggak cocok dalam arti menimbulkan breakout atau berpengaruh ke kulit yang sensitif ya). Seperti yang pernah gue katakan saat review Subculture palette, gak ada produk makeup yang gak bisa digunakan. Mungkin produk itu hanya punya cara penggunaan yang berbeda aja dari produk lainnya. It's not non-applicable, but it just has different way to use. Gue membeli Freeze Brow Tinted Mascara ESQA ini di marketplace ESQA Official di Shopee dengan harga Rp 120,000 waktu itu karena diskon, harga aslinya adalah Rp 150,000. Tapi, produk ini sering diskon kok akhir-akhir ini.

Freeze Tinted Brow Mascara dari ESQA memiliki 5 shade range. (cr: website ESQA)

Freeze Tinted Brow Mascara ini dirilis pada bulan Juli 2019. Seperti yang gue telah sampaikan di atas, produk ini menuai pro dan kontra. Either you really love it, or you really hate it. Beberapa keluhan mengenai produk ini rata-rata adalah mengenai spoolie-nya yang mengambil terlalu banyak tinta, jadi saat diaplikasikan malah tebel banget. Gue mengerti, pada zaman sekarang produk alis seharusnya mudah dan instan. Saat pertama kali gue menggunakan produk ini gue juga agak terkejut, tapi beberapa kali menggunakan sudah mulai terbiasa. Sebenarnya semua tergantung preferensi sih. Gue pribadi lebih berorientasi pada hasilnya daripada prosesnya. Jadi, buat gue gak apa prosesnya agak berantakan kalau hasilnya bisa ngangkat bulu alis gue seharian. Hahahahaha.

SHADE RANGE

Kelima shades Freeze Tinted Brow Mascara. (cr: Instagram ESQA)

Produk ini memiliki 5 shades, yaitu Ash Brown, Dark Brown, Chocolate, Gray, dan Clear. Khusus untuk shade Clear ini adalah shade yang benar-benar transparan. Jadi, dia akan mengangkat alis tanpa memberikan warna pada alis. Shade yang gue beli adalah Ash Brown karena menurut gue warna inilah yang paling mendekati warna asli alis dan rambut gue (nggak terlalu coklat tapi nggak terlalu hitam juga).

KEMASAN

Tampilan kemasan Freeze Tinted Brow Mascara ESQA yang berbentuk tube. (cr: dok.pribadi)

Kemasan terluar Freeze Tinted Brow Mascara ini adalah karton tube dengan warna rose gold, seperti kemasan terluar produk-produk ESQA lainnya. Sedangkan, untuk kemasan produk ini berbentuk tube berwarna putih dengan cetakan tulisan ESQA dan tutupnya yang berwarna reflective gold. Di bagian bawah tube-nya terdapat nama shade dari brow mascara yang digunakan.


Nama shade berada di bagian bawah kemasan. (cr: dok.pribadi)

Dari segi packaging sih kelihatan cukup mewah. Setelah dibuka dengan diputar, maka kita bisa melihat aplikatornya yang berbentuk spoolie. Spoolie brow mascara ini cukup unik, karena bulu brush spoolie-nya ini nggak tebal, malah sangat pendek. Bukan tipe spoolie mascara yang brush-nya tebel gitu. Jadi, gue mengerti apa yang disampaikan oleh reviewers produk ini bahwa karena bulu brush spoolie-nya pendek-pendek, jadi saat lagi menyisir alis, tintanya langsung jebret aja di alis karena lapisan tintanya lebih tebal daripada bulu brush-nya. Jadi yang kena ke alis duluan itu tintanya, bukan bulu brush-nya. Agak sulit menjelaskan. Tapi ngerti, kan? Hahahahaha.

Brush spoolie brow mascara memiliki bulu yang pendek. Hal ini menjadi pro dan kontra di antara pengguna produk ini. (cr. dok.pribadi)

FORMULA

Adapun ingredients dalam Freeze Tinted Brow Mascara ESQA adalah sebagai berikut:
Ash Brown: Aqua, Copernicia Cerifera (Carnauba) Wax, Propylene Glycol, Stearic Acid, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Peg-100 Stearate, Pvp, Triethanolamine, Hydroxyethylcellulose, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol. May Contain: CI 77891, CI 77499, CI 77491, CI 77492
Dark Brown: Aqua, Copernicia Cerifera (Carnauba) Wax, Propylene Glycol, Stearic Acid, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Peg-100 Stearate, Pvp, Triethanolamine, Hydroxyethylcellulose, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol. May Contain: CI 77499, CI 77492, CI 77491, CI 19140 
Chocolate: Aqua, Copernicia Cerifera (Carnauba) Wax, Propylene Glycol, Stearic Acid, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Peg-100 Stearate, Pvp, Triethanolamine, Hydroxyethylcellulose, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol. May Contain: CI 77499, CI 77492, CI 77491, CI 77891, CI 19140 
Gray: Aqua, Copernicia Cerifera (Carnauba) Wax, Propylene Glycol, Stearic Acid, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Peg-100 Stearate, Pvp, Triethanolamine, Hydroxyethylcellulose, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol. May Contain: CI 77499, CI 77891, CI 77510

Tinta dari Freeze Tinted Brow Mascara bila langsung diaplikasikan di atas kulit. (cr: dok.pribadi)

Tintanya se-pigmented itu setelah diaplikasikan di atas kulit. Maka itu, produk ini bagus bila digunakan di atas bulu alis yang sudah tebal karena tintanya nggak akan terlihat terlalu pigmented. Tapi, kalian tidak perlu merasa terintimidasi dengan produk brow mascara yang pigmented ini. Kalau kalian agak ragu, kalian bisa mulai dengan menggunakan shade Clear terlebih dahulu karena shade Clear tidak memiliki warna (transparan).


CARA PENGGUNAAN

Untuk cara menggunakan Freeze Tinted Brow Mascara ESQA ini, gue melihat demonya di Instagram Story kakak CEO ESQA, yaitu Kak @keziatoemion. Beliau sempat memperagakan cara pakai brow mascara ini dengan benar, yaitu sebagai berikut:
  1. Buka dulu tutup tube-nya.
  2. Setelah itu, jangan langsung diaplikasikan. Tapi, oleskan ujung spoolie-nya ke mulut tube-nya dulu, pokoknya reduce tinta-tinta yang bleber di brush spoolie itu ke mulut tube sampai tinta yang menempel di spoolie berkurang.
  3. Aplikasikan brush-nya (yang sudah tinggal sedikit tintanya) ke alis dimulai dari alis bagian tengah ke ekor alis karena olesan pertama ini tintanya masih gonjreng banget.
  4. Setelah itu, baru aplikasikan brush ke bagian depan alis saat tinta sudah mulai berkurang.
Kalau di video kak Kezia dia pakainya benar-benar telaten dan rapi banget. But I'm not a lighthanded person, jadi saat gue menggunakan produk ini yang ada malah bleber ke mana-mana di alis gue walaupun gue sudah mengikuti step-nya. Hahahahahha. Tapi, step-nya lumayan ngebantu loh. At least, ini berantakannya karena gue yang nggak light-handed aja, selebihnya kalau digunakan dengan benar, produk ini benar-benar bekerja dengan sangat baik dan ngangkat alis banget sampai seharian kagak gerak-gerak juga ini alis. Gue pribadi nggak masalah menambahkan step mengaplikasikan concealer untuk merapikan bentuk alis. Mungkin karena pertama, gue nggak menggunakan produk alis lain selain brow mascara ini. Jadi seperti yang gue bilang, karena mascara ini udah pigmented, gue tidak menggunakan pensil alis atau brow powder lagi untuk alis gue. Gue langsung menggunakan satu produk brow mascara ini aja. Kedua, gue sendiri memang sudah terbiasa pakai concealer untuk merapikan alis bahkan saat gue pakai pensil alis atau brow powder sekalipun. Jadi, gue nggak masalah menambahkan step ini karena bagi gue, membentuk alis dengan concealer adalah sebuah keharusan. Tapi untuk kalian yang merasa malas atau nggak biasa menggunakan concealer dalam tahap menggambar alis, gue nggak merekomendasikan produk ini untuk kalian.


Alis asli tanpa produk apapun. (cr: dok.pribadi)

Seperti yang dapat dilihat di atas, alis gue cukup tipis dan bulu alisnya ada, tapi nggak gitu tebal. Tipe bulu alis gue itu adalah tipe yang turun dan berantakan karena panjangnya nggak sama (gue sendiri juga males nge-trim alis sejujurnya). Jadi, se-on fleek apapun hasil pensil alis atau brow powder yang gue aplikasikan di alis, kalau gue nggak menggunakan brow mascara maka kelihatannya tetap aneh karena bulu alis gue turun berantakan gitu. Bulu alis jadi terlihat nggak menyatu dengan pensil alis atau brow powder. Maka itu, gue butuh brow mascara untuk mengangkat bulu alis gue.

Alis setelah menggunakan Maybelline Fashion Brow Color Drama Mascara. (cr: dok.pribadi)

Ini adalah alis gue saat menggunakan Maybelline Fashion Brow Color Drama Mascara. Jujur, gue suka sama brow mascara ini karena hasilnya sangat natural dan tintanya nggak gitu gonjreng. Kalau mau lebih intens, tinggal di-build up. Dari segi harga beda tipis sama brow mascara ESQA, tapi brow mascara Maybelline ini lebih terjangkau. Namun, brow mascara ini kurang bisa mengangkat bulu alis gue. Beberapa jam setelah diaplikasikan, bulu alis gue turun lagi. Tintanya yang gak gonjreng juga membuat ada bagian yang masih bolong di alis, sehingga gue harus mengisinya lagi dengan pensil alis / brow powder.


Alis setelah menggunakan Freeze Tinted Brow Mascara ESQA. (cr: dok.pribadi)

Naaaah. Ini adalah alis gue setelah menggunakan Freeze Tinted Brow Mascara ESQA. Gue cinta banget sama brow mascara ini karena lihat donggggg, dia bisa membuat alis gue jadi on fleek seperti ini, mau nangis gue. 😭 Asli, gak lebay, bulu alis gue benar-benar terangkat ala-ala Instagram eyebrows. Alis asli gue mana setebel gini gilaaaakkkk. Sejauh ini cuma brow mascara ESQA aja sih yang bikin alis gue yang biasanya bandel jadi kayak gini. Dan percaya atau nggak, alis gue yang udah diaplikasikan brow mascara ESQA ini beneran tahan dengan bentuk seperti ini seharian! Apalagi mengingat ini produk lokal. Kualitasnya nggak main-main. Makanya gue berani nge-rave produk ini di mana-mana. Secinta itu!!!

Gue menggunakan produk ini sudah sebulanan lebih dan gue merasa cukup puas. Walaupun yang namanya mascara ya, udah masuk 1 bulan dia sudah nggak secair dulu dan sudah ada tanda-tanda bakal mengering. Meskipun demikian, gue suka banget sama formula Freeze Tinted Brow Mascara ini. Sesuai dengan namanya, brow mascara ini benar-benar 'membekukan' bentuk alis kita. Produk ini benar-benar mengangkat alis banget sampai seharian. Tintanya yang pigmented membuat brow mascara ini praktis karena bagi gue dengan tinta yang se-pigmented ini, gue tidak merasa perlu untuk menggunakan produk alis lain lagi. Jadi hanya dengan satu produk brow mascara ini udah bisa digunakan untuk alis. Dengan demikian, brow mascara ini cukup travel-friendly. Selain ketahanan, brow mascara ini juga bekerja dengan baik untuk membuat alis terlihat lebih bushy atau lebih ber-volume. Alis gue sendiri kebetulan nggak gitu tebal, jadi produk ini ngebantu banget untuk membuat alis terlihat lebih bushy namun tetap natural. Semakin tebal bulu alisnya, semakin natural hasil brow mascara ini.

Brow mascara ini baik kalau digunakan secukupnya, artinya kalau sudah terlihat hasilnya di alis, berarti sudah cukup. Karena gue pernah tuh, saking sukanya gue sama produk ini, gue sisir terus-terusan alis gue pakai spoolie brow mascara ini dan tanpa sadar tintanya jadi menggumpal di alis gue. HAHAHAHAHAHA. Tapi wajar sih, namanya juga mascara. Apalagi kalau sudah disimpan dalam waktu yang cukup lama.

TARGET PENGGUNA

Produk ini akan cocok untuk kalian yang hobi jalan-jalan atau travelling dan malas bawa produk alis yang banyak. Dengan satu produk brow mascara ini aja kalian sudah bisa mempertebal sekaligus mengangkat alis kalian. Untuk kalian yang sering bepergian setiap hari (ngantor, ke sekolah, ke kampus, dll) juga sepertinya bakal cocok sama produk ini. Karena produk ini adalah mascara yang dalam waktu sebulan dua bulan aja udah mengering dan menggumpal, maka semakin sering kalian menggunakan brow mascara ini dalam waktu sebulan, akan semakin ekonomis. Duh, gue nggak pandai menjelaskan. Hahahahaha. Intinya karena gue jarang keluar, jadi gue baru menggunakan brow mascara ini beberapa kali tapi sudah mengering karena dalam waktu sebulan gue benar-benar jarang keluar dan jarang pakai produk ini. Jadi sudah mau mengering sebelum gue habiskan gitu loh. Ngerti gak? Hahahahahaha. Untuk kalian yang sudah punya alis tebal (entah natural atau sulam), kalian juga kayaknya bakal suka sama produk ini. Brow mascara ini membuat alis yang tebal terlihat lebih ber-volume dan natural. Brow mascara ini bisa digunakan untuk kalian yang mau makeup bold atau natural. Kalau kalian lebih suka makeup bold, kalian bisa menggunakan 4 shades Freeze Tinted Brow Mascara ini. Namun, untuk kalian yang menyukai hasil akhir natural kalian bisa menggunakan shade Clear.

KESIMPULAN

Jadi, bisa dibilang bentuk dari spoolie brow mascara inilah yang seringkali menjadi keluhan para pengguna karena memang bulu brush spoolie-nya pendek-pendek, sehingga tinta cepat bleber ke alis ketika diaplikasikan. Namun, bukan berarti nggak bisa diakali. Dengan cara pemakaian yang benar (dengan mereduksi tintanya di mulut botol terlebih dahulu), produk ini benar-benar bekerja dengan baik. Dan jujur aja, sejauh ini gue belum menemukan produk alis yang bisa bekerja seperti ini di alis gue. Untuk itu, gue merasa produk ini akan cocok untuk kalian yang sudah memiliki bulu alis lebat atau tebal. Semakin tebal semakin baik karena hasil tintanya bakal jadi natural banget. Brow mascara ini juga bisa mengangkat bulu alis kita yang seringkali turun. Dari segi packaging gue sama sekali gak ada masalah dan malah produk ini menurut gue cukup travel-friendly. Untuk ketahanannya, brow mascara ini tahan seharian. Gue keringetan, panas-panasan, makeup gue luntur, yang gak luntur cuma alis gue aja. Gue pribadi benar-benar suka sama produk ini karena produk ini benar-benar menjawab kebutuhan gue. Kalau kalian penasaran pengen coba sama formulanya tapi terintimidasi dengan tintanya, tenang aja. Kalian bisa memulai dengan menggunakan Freeze Tinted Brow Mascara shade Clear dahulu karena benar-benar transparan, jadi alis kalian gak bakal ketebelan.
(cr:alsdelente.blogspot.com)

(+) PROS:
* Mampu mengangkat alis dan membuat efek bushy.
* Tahan seharian, nggak memudar, nggak smudging.
* Praktis, 2in1 dalam satu produk.
* Travel-friendly.
* Brand lokal.
(cr:alsdelente.blogspot.com)
(-) CONS:
* Bentuk bulu spoolie yang pendek.
* Cepat mengering (since it's mascara).
* Kalau pakainya nggak light-handed, tintanya bisa bleber.

(cr:alsdelente.blogspot.com)
RATE:
Quality: ★★★
Packaging: ★★★
Price: ★★
FINAL VERDICT: Dear ESQA, please don't discontinue this product!

(PS: Mohon izin terlebih dahulu pada pemilik blog bila ingin copas artikel. Terima kasih.)

1 comment: