Pages

Jan 11, 2019

[REVIEW] Face Contouring Palette 01 - THE BODY SHOP

Hai.

Jadi, kemarin itu gue kepikiran pengen beli face palette yang di dalamnya udah ada contour/bronzer, blush, dan highlighter. Hal ini dikarenakan gue yang merasa ribet setiap melakukan makeup karena keempat produk tersebut selalu terpisah-pisah. Dan gue sedang berada di titik jenuh menggunakan highlighter blinding yang membuat wajah gue terlihat berminyak hahahaha. Jadi gue merasa keputusan membeli face palette yang 4in1 adalah keputusan yang benar, sekaligus dalam rangka mencari highlighter baru yang gak gitu blinding. Gue sempat melirik face palette dari ESQA Cosmetics karena sempat meluncurkan face palette mereka dalam kolaborasinya bersama BCL, yaitu Her Everyday Cheek Palette. Nah, dalam palette itu terdapat satu bronzer, dua blush, dan satu highlighter. Gue mupeng bangetttt sama palette itu. Tapi, saat gue survey langsung ke Sephora, ternyata ukurannya gak segede bayangan gue hahahahaha (walaupun face palette yang akan gue review ini juga ukurannya gak jauh beda sih). Tapi, gak bohong sih. Pas gue swatch langsung, warna-warnanya emang cantik-cantik banget. Pada akhirnya, gue pun nggak jadi membeli face palette ESQA itu dan mencoba untuk pulang buat mikir-mikir lagi. (cr:alsdelente.blogspot.com)
Beberapa hari kemudian, pas gue lagi jalan-jalan ke toko The Body Shop, gue melihat mereka jual face palette juga. Gue jadi teringat Suhay Salim nge-rave face palette ini, katanya warna contour-nya bagus. Kebetulan, saat gue berkunjung ke toko The Body Shop, mereka lagi ngadain promo tahun baru. Semua produk makeup The Body Shop waktu itu sedang diskon 20%. Dan harga face palette-nya jadi cuma sekitar Rp 275,000 doang. Well, emang gak beda jauh sih dari harga palette ESQA hahahaha. Tapi, sejujurnya gue penasaran cobain produk makeup-nya The Body Shop karena selama ini gue baru coba produk body care mereka doang. Akhirnya, gue belilah face palette tersebut. (cr:alsdelente.blogspot.com)

Face Contouring Palette dari The Body Shop terdiri dari dua tipe, yaitu nomor 01 (kiri) dan 02 (kanan). Nomor 01 (cr: website The Body Shop)

The Body Shop meluncurkan dua tipe Face Contouring Palette, yaitu nomor 01 dan 02. Kebetulan face palette yang gue beli adalah Face Contouring Palette 01, karena waktu itu penjaga tokonya bilang cuma ada yang nomor 01 saja. Menurut website The Body Shop, harga face palette ini adalah Rp 349,000. (cr:alsdelente.blogspot.com)

Bagian belakang Face Contouring Palette 01 menunjukkan 4 bagian shades dalam palette yang bisa dilepas dan dipasang. Kemasan ini cukup efisien untuk travelling. (cr: dok.pribadi)

Produk face palette ini memiliki 4 produk shades di dalamnya. Kemasannya adalah plastik hitam kokoh. Kayaknya sih ini masih satu seri sama eyeshadow palette-nya The Body Shop. Jadi, kalau dilihat dari bagian bawah palette, masing-masing shade dalam palette ini bisa dilepaskan alias tidak permanen. Cukup mendorong masing-masing shades dari bagian bawah saja. Kemasan ini cukup ringkes dan sangat travel-friendly menurut gue, karena kita bisa lepas-pasang shades dalam palette ini dan bisa atur isinya sesuka kita. Apakah isinya mau face palette doang, atau mungkin dikombinasikan dengan eyeshadow juga bisa, karena eyeshadow-nya The Body Shop kemasannya bisa lepas-pasang kayak gini juga. Jenius deh! (cr:alsdelente.blogspot.com)

Adapun bahan dasar dari Face Contouring Palette 01 The Body Shop adalah sebagai berikut:
Mica, Talc, Isononyl Isononanoate, Tapioca Starch, Zinc Stearate, Dimethicone, Pentylene Glycol, Silica, Benzyl PCA, Lauroyl Lysine, Tocopheryl Acetate, Caprylyl Glycol, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Aqua, Tocopherol, Orbignya Oleifera Seed Oil, Sclerocarya Birrea Seed Oil, Sesamum Indicum Seed Oil, Polymethylsilsesquioxane, Citric Acid, CI 77891, CI 77491, CI 45380, CI 77007, CI 45410.
Ada kandungan Talc di dalamnya, di mana gue tahu ada beberapa orang yang menghindari bahan ini dalam kosmetik mereka. Kalau kalian seperti gue yang gak bermasalah sama bahan ini, face palette ini oke-oke aja buat kalian. (cr:alsdelente.blogspot.com)

Kiri: Kemasan depan Face Contouring Palette 01. Kanan: Bagian dalam face palette. Terdapat 4 shades di dalamnya (contour, bronzer, highlighter, blush). (cr: dok.pribadi)

Keempat shades dalam face palette ini bentuknya adalah pressed powder, nggak ada produk cream. Gue seneng banget karena semuanya powder, karena gue tahu ada beberapa palette yang di dalamnya terdapat duanya, dan itu ribet banget karena kadang kickback dari powder suka nempel di bagian shade cream dan jadi kotor gitu. Bersyukurlah karena face palette Body Shop ini konsistensinya sama semua dalam satu palette, yaitu sama-sama powder.
Shades di dalam palette ini tidak memiliki nama. Maka dari itu, gue hanya akan menyebut shades ini berdasarkan fungsi masing-masing, yaitu contour, bronzer, highlighter, dan blush.
Gue akan mengupas satu per satu shades dalam face palette ini setelah di-swatch dan digunakan pada wajah gue yang memiliki jenis kulit kering-sensitif dan warna kulit medium netral (NC30). (cr:alsdelente.blogspot.com)

  • Contour. Contour dalam palette ini berwarna coklat cool toned (matte), seperti warna contour pada umumnya. Warnanya nggak terlalu pigmented, jadi ini merupakan tipe contour yang dapat di-build up sesuai dengan keinginan. Di kulit gue yang medium sih contour ini masih bisa terlihat jelas. Nggak kelihatan abu-abu sama sekali. Warnanya tipis jadi kalau dipakai ringan beneran bisa bikin efek pipi tirus.
  • Bronzer. Bronzer dalam palette ini berwarna coklat warm toned (matte). Warnanya lebih warm daripada Bahama Mama, tapi nggak bikin orange saat sudah diaplikasikan ke wajah. Seperti shade contour, shade bronzer dalam palette ini juga tidak terlalu pigmented, sehingga dapat di build-up. (cr:alsdelente.blogspot.com)
  • Highlighter. Di palette-nya, highlighter ini terlihat berwarna putih. Gue agak ngeri sih sebenarnya karena gue pernah punya pengalaman pakai highlighter terlalu putih hingga wajah gue kelihatan kayak panuan lol. Tapi, saat diaplikasikan ternyata nggak seputih yang terlihat di palette. Menurut gue, shade ini yang agak berbeda ketika di-swatch menggunakan jari dan saat diaplikasikan di wajah. Saat di-swatch, highlighter ini blinding banget. Tapi saat diaplikasikan, highlighter ini malah terlihat santai dan natural aja. Highlighter ini dapat digunakan untuk makeup natural karena nggak terlalu blinding kalau diaplikasikan sekali pakai. (cr:alsdelente.blogspot.com)
  • Blush. Blush dalam palette ini berwarna coral-pink, namun cenderung ke arah pink. Dalam blush ini juga terdapat partikel glitter yang memberikan efek glowy sehat ketika digunakan di wajah. Gua telah menggunakan satu face palette ini dalam waktu bersamaan, dan sejauh ini menurut gue shade blush ini adalah shade yang paling cepat memudar di wajah dari keempat shades dalam palette ini. Setelah sekitar 2 jam, blush ini sudah agak memudar dan harus diaplikasikan ulang lagi di wajah. Padahal, warnanya cantik banget.

Swatch shades dalam Face Contouring Palette 01 dari atas hingga bawah: Contour - Bronzer - Highlighter - Blush. Perbandingan warna shades tanpa flash (kiri) dan dengan flash (kanan). (cr: dok.pribadi)

Gue menggunakan brush yang berbeda-beda ketika mengaplikasikan shades dalam face palette ini, dan dapat gue katakan face palette ini nggak bermasalah sama brush manapun. Shades-nya nggak ada kickback dan nggak rapuh walaupun gue agak lasak saat mengambil produk dengan brush hahahaha.
Kalau lagi buru-buru, biasa gue langsung campur shades contour dan bronzer-nya untuk langsung diaplikasikan ke tulang pipi. Ukuran per pan shades-nya tuh nggak terlalu gede, masing-masing pan hanya seukuran sekitar setengahnya dari Bahama Mama. Maka dari itu, gue agak kesulitan kalau mengaplikasikan produk dari face palette ini dengan face brush yang besar (gue menggunakan powder brush Real Techniques). Harus agak hati-hati karena takutnya kecampur sama shades lain hahaha. (cr:alsdelente.blogspot.com)
Walaupun demikian, gue tetap mencintai kualitas produk dalam palette ini. Formulanya enak banget di-blend dan nggak patchy. Yang paling gue suka dari produk dalam palette ini adalah partikel glitter pada highlighter dan blush-nya nggak terlalu kasar. Jadi, nggak memperjelas tekstur wajah saat digunakan. Hasilnya membuat wajah terlihat lebih glowy natural. Saat dibersihkan pun nggak ada glitter yang menempel di wajah. Karena kadang kan kalau pakai highlighter yang glitter-nya rada lebay gitu, saat dibersihkan glitter-nya malah nyebar ke satu muka HAHAHAHA.

Bingkai cermin dalam palette sangat tipis, sehingga sangat efisien digunakan untuk bercermin atau untuk menjadi alat bantu saat sedang mengerjakan makeup detail. (cr: dok.pribadi)

Dalam palette ini terdapat cermin. Cerminnya segede tutup kemasannya, jadi cukup gede untuk ukuran kemasan face palette ini. Kadang gue juga menggunakan cermin ini untuk membantu gue saat melakukan makeup detail seperti makeup mata, karena emang cerminnya luas dan sebagus itu.

 Foto makeup wajah yang menggunakan semua shades dalam Face Contouring Palette 01 di atas kulit medium netral (NC30). (cr: dok.pribadi)

Foto-foto di atas adalah hasil makeup complexion wajah gue setelah menggunakan satu face palette ini. Warna contour dan bronzer-nya masih aman untuk kulit gue yang medium. Warna blush-nya juga cantik banget, kayak warna asli pipi saat lagi blushing gitu. Dan highlighter-nya....gileeeeeee. Lihat kan! Glowing-nya tuh masih wajar. Warna highlighter-nya nggak kelihatan putih kan setelah diaplikasikan di wajah! (cr:alsdelente.blogspot.com)

Menurut gue, face palette ini cocok digunakan untuk kalian yang berkulit Light hingga Medium. Untuk kalian yang memiliki kulit Medium hingga Deep, gue sarankan untuk menggunakan Face Contouring Palette yang nomor 02 karena warna shades face palette nomor 02 itu lebih rich. Sejauh ini, shades dalam palette ini tidak menimbulkan reaksi alergi di wajah gue setelah digunakan. Gue pribadi sangat menyarankan face palette ini untuk kalian yang berkulit normal ke kering, terutama karena formula blush dalam palette ini yang glittery, sehingga wajah kalian terlihat lebih glowy setelah menggunakannya.
Face palette ini adalah palette yang gue bawa ke mana-mana sekarang. Selain untuk wajah, palette ini bisa digunakan sebagai eyeshadow juga. Jadi, ringkes banget kan!!!

Overall, gue cukup puas dengan kualitas Face Contouring Palette 01 ini. Palette ini sangat efisien dari segi kemasan hingga produknya. Cerminnya itu luas banget untuk ukuran palette segitu. Di dalam palette ini terdapat 4 jenis shades yang pasti akan terpakai semua untuk makeup wajah. Rasanya semua formula shades dalam palette ini sangat pas untuk jenis kulit gue. Nggak terlalu pigmented dan dapat di-build up. Gue gak ada masalah sama blendability palette ini, menurut gue semua shades dalam palette ini gak ada yang patchy, semua bisa di-blend dengan baik dan menghasilkan hasil makeup yang seamless kalau kata Jon Maclean hahahaha.
Palette ini cocok digunakan untuk makeup sehari-hari maupun untuk travelling karena super ringkes dan nggak ribet. Namun, sayangnya shade blush dalam palette ini agak cepat memudar di wajah. Selain itu, harga palette ini agak pricey sehingga gue bakal mikir-mikir lagi sih mau beli lagi atau nggak. Karena kemasan palette ini yang bisa lepas-pasang, gue berharap di masa depan The Body Shop akan merilis produk refill dari shades dalam palette ini. Jadi kalau habis, tinggal beli refill-nya aja, gak usah beli satu palette lagi. Hitung-hitung kan biar gak usah buang-buang kemasan juga hahahaha. Setelah mencoba palette ini, gue jadi penasaran dengan produk-produk makeup lainnya dari The Body Shop. Semoga saja di masa depan gue bisa cobain produk makeup mereka yang lainnya yak. (cr:alsdelente.blogspot.com)

(+) PROS:
* Formulanya cocok banget di jenis kulit gue. Glowing dan gak patchy.
* Kemasannya patut diapresiasi karena efisien. Jenius!
* Cermin cukup besar untuk ukuran palette ringkes ini.
* Travel-friendly.
(cr:alsdelente.blogspot.com)
(-) CONS:
* Warna blush cepat memudar di wajah.
* Harga satu palette cukup pricey dan sejauh ini belum dijual refill terpisah.

(cr:alsdelente.blogspot.com)
RATE:
Quality: ★★★
Packaging: ★★★
Price: ★★
FINAL VERDICT: The blush took one star!

1 comment: